KAMIS, 22 JULI 2010 | 20:14 WITA | 16661 Hits
Share |

Dewan Keluhkan Guru Pindah ke Jabatan Struktural
MAMUJU -- Kebutuhan guru di Kabupaten Mamuju masih tergolong tinggi. Kondisi tersebut berdampak
pada kecilnya kemungkinan seorang guru pegawai negeri sipil (PNS) bisa pindah jabatan ke struktural.

Ini disampaikan anggota DPRD Mamuju dalam menanggapi adanya indikasi banyak guru mengincar jabatan struktural. Jabatan struktural, di antaranya sekretaris kabupaten, kepala dinas, kepala badan, kepala kantor, kepala bagian, kepala bidang, kepala seksi, camat, sekretaris camat, lurah, dan sekretaris lurah.

Dalam paripurna penyerahan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) bupati Mamuju, belum lama ini, anggota dewan meminta pemkab segera menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru tersebut. Data dalam LKPj, dewan menilai rasio murid terhadap guru dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Bahkan di beberapa kecamatan masih sering ditemukan sekolah hanya memiliki satu guru PNS menghadapi ratusan murid. Hal itu dinilai bisa menurunkan mutu pendidikan.

Dalam rekomendasi LKPj Ketua DPRD Mamuju, Sugianto disebutkan kebijakan pemkab yang memperbolehkan guru PNS fungsional pindah ke jabatan struktural berdampak pada makin turunnya jumlah guru PNS. Demikian pula penempatan guru juga disoroti DPRD Mamuju.

Proporsi guru di perkotaan cenderung lebih banyak dibandingkan daerah terpencil. "DPRD yang terdiri atas 35 orang anggota juga bersepakat merekomendasikan rekrutmen guru ke depan ditujukan ke daerah terpencil," saran Sugianto.

Berdasarkan data BKDD Mamuju, PNS/CPNS lingkup Pemkab Mamuju mencapai 6.300 orang. Hampir setengahnya merupakan tenaga fungsional yakni mencapai 2.350 orang. Selain itu Pemkab Mamuju juga memiliki 1.600 guru kontrak dan ratusan guru sukarela.

Mereka tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Mamuju. Dewan juga telah menginstruksikan agar rekrutmen tenaga kontrak difokuskan pada formasi guru. (nur)

KOMENTAR BERITA "Dewan Keluhkan Guru Pindah ke Jabatan Struktural"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).