JUMAT, 14 MEI 2010 | 19:46 WITA | 11409 Hits
Share |

Rumah Adat Sanrobone Bergaya Minahasa
TAKALAR -- Pembangunan rumah adat Sanrobone menuai kontroversi. Modelnya yang lebih mirip rumah adat Minahasa menjadi penyebabnya. Padahal, anggaran yang dihabiskan untuk pembangunannya hingga ratusan juta rupiah. Rumah adat tersebut dibangun di dalam Benteng Kerajaan Sanrobone.

Menurut Wakil Ketua DPRD Takalar, Hasbullah Rachman, bila mencocokkan model rumah adat Sanrobone yang telah berdiri dengan rumah adat Sanrobone dan rumah adat lainnya di Sulsel, sama sekali tidak ada kemiripan. Karena rumah adat tersebut lebih menyerupai rumah adat Minahasa.

Kemiripan model rumah adat itu, lanjut dia, dapat dilihat dari beberapa konstruksi bangunan. Mulai, dari bagian atas (atap) dan model tangga yang digunakan. Model tangga yang digunakan untuk rumah adat Sanrobone, tidak melingkar 180 derajat seperti yang terjadi dalam proses pembangunan rumah adat tersebut.

"Ini kekeliruan besar yang dilakukan pemerintah. Rumah adat yang ada saat ini sama sekali tidak mencerminkan rumah adat yang sesungguhnya. Bahkan, konsep pembangunannya juga tak memiliki konsep rumah adat yang ada di Sulsel," tandas, legislator dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Sanrobone.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah Takalar, A Jen Syarif Rifai, membantah rumah adat tersebut lebih mirip rumah adat Minahasa. "Itu tidak benar," elaknya.

Menurut dia, sebelum didirikan, ada beberapa tahapan-tahapan yang dilakukan. Di antaranya, melihat rumah-rumah warga sekitar. Setelah melalui proses-proses ini, lanjut dia, maka proses pembangunan untuk rumah adat yang menelan anggaran sekira Rp 200 juta hingga Rp 300 juta dari APBD 2008 tersebut kemudian dilakukan.

"Siapa lagi yang bilang seperti itu. Itu dibuat sesuai dengan gambar dan kita mengambil contoh dari rumah-rumah yang berada di sekitar sana," tandasnya. (abg)

KOMENTAR BERITA "Rumah Adat Sanrobone Bergaya Minahasa"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).