SELASA, 11 JANUARI 2011 | 19:48 WITA | 49452 Hits
Share |

Sekdes Non-PNS Bakal Dapat Pesangon
WATANSOPPENG -- Sekretaris Desa (sekdes) yang tidak bersyarat diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng tidak perlu berkecil hati. Pemkab tetap menghargai pengabdian mereka dengan memberikan kompensasi alias pesangon.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-Pemdes) Soppeng, HA Agussalim Alwi di ruang kerjanya, Senin 10 Januari mengatakan, sekdes yang tidak bersyarat jadi PNS bakal mendapatkan kompensasi berdasarkan masa pengabdian mereka. Pesangon yang akan diberikan bakal diusulkan di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2011.

"Anggarannya bakal diusulkan di dalam APBD 2011. Hal itu telah dikoordinasikan dengan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD). Namun pembayaran pasangon dilakukan setalah ada peraturan bupati," ujarnya.

Kabid Pemerintahan Desa, HA Haruddin menambahkan, tata cara pemberian kompensasi tersebut berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) No. 50/2007. Menurut dia, dalam aturan itu dijelaskan masa pengabdian antara 1-5 tahun mendapatkan Rp5 juta. Kemudian lebih lima tahun mendapatkan Rp1 juta setiap tahun dan maksimal Rp20 juta.

Di Kabupaten Soppeng terdapat 49 sekdes. Namun yang bersyarat diangkat menjadi PNS 32 orang. Dengan demikian ada 17 sekdes yang bakal mendapatkan pesangon.

Para sekdes itu diangkat secara bertahap. Untuk tahap pertama 2007 lalu, menjadi PNS sebanyak 17 orang dan tahap kedua sebanyak 10 orang. Sedangkan tahap berikutnya, sebanyak lima orang. Mereka telah mengantongi SK PNS.

Sekdes yang tidak bersyarat menjadi PNS lanjutnya, pada umumnya sudah melewati batas usia sesuai peraturan pemerintah (PP) No. 45/2007. Mereka telah berumur di atas 51 tahun. Selain segi umur, ada juga sekdes yang tidak terangkat dengan alasan baru mengabdi 2005. Sedangkan yang bisa terangkat jadi PNS, mereka yang mengabdi di bawah 2005. (asr)

KOMENTAR BERITA "Sekdes Non-PNS Bakal Dapat Pesangon"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).